Rabu, 01 Januari 2014

PRAKTIKUM RPP PADA SPLDV



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama sekolah : …………
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/1
Alokasi waktu : 1 x 25 menit

A.    Standar kompotensi
Memahami hubungan sistem persamaan linear dua variabel dalam kehidupan sehari-hari

B.     Kompotensi dasar
Memahami konsep-konsep SPLDV.

C.    Indikator
Menentukan kegunaan berbagai konsep dan aturan matematika dalam pemecahan masalah nyata pada SPLDV

D.    Materi pokok
SPLDV

E.     Kegiatan Pembelajaran

Langkah
Kegiatan Guru
Kegiatan siswa
Metode
Media
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Meminta ketua untuk kelas untuk memimpin do’a sebelum pelajaran di mulai.
2.    Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan menginformasikan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)
3.    Menginformasikan materi yang akan dibahas yang dalam hal ini adalah SPLDV
4.    Memotivasi siswa untuk terlibat aktif dalam pemechan masalah yang dipilih.
5.    Membagi siswa kedalam berbagai kelompok.
1.    Memperhatikan penjelasaan guru, duduk berdasarkan kelompok masing-masing.




2.    Memperhatikan penjelasan guru dan menunggu giliran menjawab pertanyaan.
3.    Memperhatikan penjelasan guru agar lebih cepat masuk dalam atmosfer pembelajaran dan mendapatkan ‘peta’ yang akurat tentang arah dan tujuan pembelajaran.
Ceramah








   5







Keg inti
1.      memberikan konsep dasar, petunjuk, referensi, atau link dan skill yang diperlukan dalam pembelajaran tersebut








2.      guru  menyampaikan permasalahan dan siswa  melakukan berbagai kegiatan brainstorming dan semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap permasalahan secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat
3.      guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan.
4.      Meminta perwakilan kelompok untuk menuliskan penyelsaian dari  permasalahan tersebut.
5.      Memberikan motivasi kepada siswa melalui penghargaan kepada siswa yang menyelesaikan permasalahan di di papan tulis.
1.    Siswa mencari berbagai sumber yang dapat memperjelas isu yang sedang diinvestigasi. Sumber yang dimaksud dapat dalam bentuk artikel tertulis yang tersimpan di perpustakaan, halaman web, atau bahkan pakar dalam bidang yang relevan.
2.    agar siswa mencari informasi dan mengembangkan pemahaman yang relevan dengan permasalahan yang telah didiskusikan dan  dipresentasikan di kelas dan informasi tersebut haruslah relevan dan dapat dipahami.




3.    Setelah mendapatkan sumber untuk keperluan pendalaman materi dalam langkah pembelajaran mandiri, selanjutnya pada pertemuan berikutnya siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk mengklarifikasi capaiannya dan merumuskan solusi dari permasalahan kelompok. Pertukaran pengetahuan ini dapat dilakukan dengan cara peserrta didik berkumpul sesuai kelompok dan fasilitatornya.


Buku, web, artikel
3 menit
















5 menit





















2 menit




4 menit






1 menit
Penutup
1.  Memberikan kesimpulan mengenai materi operasi hitung bentuk aljabar.
2.  Do’a
1.  Mendengarkan penjelasan guru dan bertanya jika masih ada yang belum di pahami.


5 menit

F.     Penilaian
-          Tes tertulis
-          Keaktifan dalam kerja team
-          sikap

G.    Sumber Belajar
-          Buku paket terkait materi yang di pelajari
-          internet
-          dll

1 komentar: