1. Materi pembelajaran berbasis fakta yang dapatn dijelaskan dengan lofika tertentu
2. Mendorong dan menginspirasi siswa secara kritis, analitis, dan tepat dalam memahami dan mengaplikasikan materi pembelajaran.
Langkah-Langkah Pembelajara
1. Ranah sikap menggamit transformasi
substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa.”
2. Ranah keterampilan menggamit
transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu bagaimana”.
3. Ranah pengetahuan menggamit
transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu apa.”
4. Hasil akhirnya adalah peningkatan
dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skills)
dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills)
dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan,
dan
keterampilan.
5. Kurikulum 2013 menekankan pada
dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan
ilmiah.
6. Pendekatan ilmiah (scientific appoach)
dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud untuk
semua mata pelajaran.