Selasa, 08 Oktober 2013

KONSEP PENDEKATAN SCIENTIFIC

A. KRITERIA
     1. Materi pembelajaran berbasis fakta yang dapatn dijelaskan dengan lofika tertentu
     2. Mendorong dan menginspirasi siswa secara kritis, analitis, dan tepat dalam memahami dan mengaplikasikan materi pembelajaran.

Langkah-Langkah Pembelajara
1. Ranah sikap menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa.”
2. Ranah keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu bagaimana”.
3. Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu apa.”
4. Hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik  (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.  
5. Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah.
6. Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud   untuk semua mata pelajaran.