Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Nama
sekolah : …………
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: X/1
Alokasi
waktu : 1 x 25 menit
A.
Standar
kompotensi
Memahami hubungan sistem persamaan
linear dua variabel dalam kehidupan sehari-hari
B.
Kompotensi
dasar
Memahami konsep-konsep SPLDV.
C.
Indikator
Menentukan kegunaan berbagai konsep
dan aturan matematika dalam pemecahan masalah nyata pada SPLDV
D.
Materi
pokok
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Langkah
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan siswa
|
Metode
|
Media
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1. Meminta
ketua untuk kelas untuk memimpin do’a sebelum pelajaran di mulai.
2. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dengan menginformasikan model pembelajaran berbasis
masalah (problem based learning)
3. Menginformasikan
materi yang akan dibahas yang dalam hal ini adalah SPLDV
4. Memotivasi
siswa untuk terlibat aktif dalam pemechan masalah yang dipilih.
5. Membagi
siswa kedalam berbagai kelompok.
|
1. Memperhatikan
penjelasaan guru, duduk berdasarkan kelompok masing-masing.
2. Memperhatikan
penjelasan guru dan menunggu giliran menjawab pertanyaan.
3. Memperhatikan
penjelasan guru agar lebih cepat masuk dalam atmosfer pembelajaran dan
mendapatkan ‘peta’ yang akurat tentang arah dan tujuan pembelajaran.
|
Ceramah
|
|
![]()
5
|
Keg inti
|
1. memberikan
konsep dasar, petunjuk, referensi, atau link dan skill yang
diperlukan dalam pembelajaran tersebut
2. guru menyampaikan permasalahan dan siswa melakukan berbagai kegiatan brainstorming
dan semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan
terhadap permasalahan secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai
macam alternatif pendapat
3. guru
mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan.
4. Meminta
perwakilan kelompok untuk menuliskan penyelsaian dari permasalahan tersebut.
5. Memberikan
motivasi kepada siswa melalui penghargaan kepada siswa yang menyelesaikan
permasalahan di di papan tulis.
|
1. Siswa
mencari berbagai sumber yang dapat memperjelas isu yang sedang diinvestigasi.
Sumber yang dimaksud dapat dalam bentuk artikel tertulis yang tersimpan di
perpustakaan, halaman web, atau bahkan pakar dalam bidang yang relevan.
2. agar siswa
mencari informasi dan mengembangkan pemahaman yang relevan dengan
permasalahan yang telah didiskusikan dan dipresentasikan di kelas dan informasi
tersebut haruslah relevan dan dapat dipahami.
3. Setelah
mendapatkan sumber untuk keperluan pendalaman materi dalam langkah
pembelajaran mandiri, selanjutnya pada pertemuan berikutnya siswa berdiskusi
dalam kelompoknya untuk mengklarifikasi capaiannya dan merumuskan solusi dari
permasalahan kelompok. Pertukaran pengetahuan ini dapat dilakukan dengan cara
peserrta didik berkumpul sesuai kelompok dan fasilitatornya.
|
|
Buku, web,
artikel
|
3 menit
5 menit
2 menit
4 menit
1 menit
|
Penutup
|
1. Memberikan
kesimpulan mengenai materi operasi hitung bentuk aljabar.
2. Do’a
|
1. Mendengarkan
penjelasan guru dan bertanya jika masih ada yang belum di pahami.
|
|
|
5 menit
|
F.
Penilaian
-
Tes tertulis
-
Keaktifan dalam kerja
team
-
sikap
G.
Sumber
Belajar
-
Buku paket terkait
materi yang di pelajari
-
internet
-
dll